Berkhayal Menjadi Penulis

Ah, bagaimana bisa saya menjadi penulis?
Adakah jalan pintas agar dapat secara instant menjadi penulis professional?

Menulis bukanlah sebuah hal yang bisa kau dapatkan secara tiba-tiba. Menulis itu keterampilan, kawan. Sesuatu yang harus kau latih jika ingin menjadi ahli. Namun, cara melatihnya cukup sederhana. Hanya dengan membiasakan dirimu menulis. Apapun yang kau lihat, dengar, dan rasakan dapat kau tulis. Hal ini untuk membiasakan dirimu untuk merangkai ide menjadi kalimat lengkap, lalu menjadi paragraf yang sempurna. Untuk penulis pemula seperti saya ini, tidak perlu terbelenggu aturan formal menulis. Apapun yang ingin kau tuliskan, tuliskan saja.

Misal, kau memiliki pengalaman apa hari ini, tuliskan saja pengalaman itu. Kau punya pendapat tentang fenomena yang sedang hangat, tuliskan saja. Bahkan kau sedang berkhayal ingin menjadi penulis handal, tuliskan saja.

Bagi orang yang suka dengan tulisan fiksi biasanya lebih mudah dalam menulis. Hanya dengan melihat benda di sekelilingnya, ia langsung dapat menuliskannya. Dimulai dari yang sederhana dulu saja. Dengan memainkan sedikit imajinasi, kau dapat dengan mudah mendapatkan ide tulisan. Melihat bantal misalnya, terdapat sangat banyak ide cerita dari bantal itu. Sebagai contoh, dari mana bantal itu berasal, bagaimana ia dapat sampai ke atas kasur kita, dll. Atau imajinasi yang sedikit liar, seperti bagaimana bantal itu dapat menghasilkan uang, setiap kita menaruh kertas di bawahnya akan muncul uang, lalu suatu hari kau simpan kertas di bawahnya dan tidak menjadi uang, dst.

Simpel kan? Masih punya alasan untuk tidak menulis?
Ayo latihan dari sekarang!🙂

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Opini and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s