Padamkan Sebelum Dipadamkan

Banyak masyarakat yang tahu akan pemadaman listrik bergilir yang beberapa waktu lalu dilakukan oleh PLN. Karena kebiasaan itu hingga saat ini saya dan keluarga terbiasa untuk mematikan lampu pada waktu-waktu tertentu yang tidak membutuhkan lampu. Biasanya jika waktu pagi tiba sekitar pukul 06.00 kami sudah mematikan lampu. Sebelum saya berangkat kuliah dan ayah pergi bekerja, kami memeriksa lampu yang belum dimatikan. Lampu baru akan dinyalakan kembali menjelang waktu adzan maghrib. Begitu kebiasaan yang kami lakukan setiap hari hingga detik ini. Sebuah langkah sederhana namun jika itu dilakukan oleh lebih dari dua ratus juta penduduk negeri ini pasti akan sangat bermanfaat dalam rangka penghematan energi.

Selain melakukan hal itu, sepekan sekali di hari minggu kami benar-benar memadamkan listrik di rumah selama hampir dua belas jam. Itu karena kami terbiasa pergi ke luar untuk rekreasi di hari minggu. Karena itu listrik di rumah kami padamkan dengan sengaja saat kami tinggalkan. Listrik baru dinyalakan kembali di sore hari ketika kami telah tiba kembali di rumah.

Dua buah kebiasaan sederhana yang mungkin bisa dijadikan contoh untuk menjaga ketersediaan energi di bumi ini. Ayah saya selalu berpesan, “Padamkan sebelum dipadamkan oleh alam.” Sebuah nasihat yang selalu saya ingat. Menjaga ketersediaan energi di bumi harus dimulai dari hal yang sederhana.

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Curhat and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Padamkan Sebelum Dipadamkan

  1. Andika Xp says:

    Sebuah himbauan yang mantap…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s