Penantian Ali (3)

“Ali, mau ke mana kamu nak? Ibu ingin kamu tanya ke Pak Salam, katanya ada yang mau pesan mangga dalam jumlah besar saat panen nanti.”

“Oh iya bu. Ali mau pergi ke kampung sebelah. Ada sedikit keperluan. Nanti sepulang dari sana Ali coba mampir ke tempat Pak Salam.”

Segera setelah Ali bersalaman dengan ibunya, ia melangkahkan kaki menuju kampung di mana Kiai Muhsin tinggal. Tempatnya dekat, namun belum pernah sekalipun ia kunjungi. Maklum saja, sejak kecil Ali lebih banyak berada di pusat kota. Mulai dari SD hingga SMA bersama dengan Pak Karso, ayah angkatnya.

Mulai umur 4 tahun, Ali sudah ditinggal ayahnya. Ia yatim. Lalu dengan kemurahan hati Pak Karso, teman baik ayahnya, menawarkan untuk mengasuh dan membiayai pendidikan Ali hingga ke perguruan tinggi. Hanya setiap satu bulan sekali ia pulang ke tempat ibunya.

Mentari terasa memanggang bumi. Panas sekali hari ini. Keringat bercucuran terlihat dari tubuh kecil Ali. Banyak orang bilang ia semakin kurus ketika pulang dari Surabaya dua tahun lalu.

Ali terlihat lelah. Ia berteduh sejenak di bawah sebuah pohon rindang di samping jalan setapak yang ia lalui. Mengatur napas dan kemudian duduk bersandar di bawah pohon itu.

“Ternyata cukup jauh juga pesantren Kiai Muhsin,” keluh Ali.

Sudah tiga kilometer Ali berjalan. Ketika perjalanan tadi ia sempat bertanya di perbatasan kampungnya pada orang tua keriput yang memanggul kayu bakar. Katanya tak jauh. Mungkin Ali tak terbiasa berjalan sedikit jauh, berbeda dengan orang tua itu. Dasar anak jaman sekarang.

Karena terlalu panas dan lelah, Ali semakin merasa nyaman berada di tempatnya. Lalu ia terlelap.

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s