Tumpul

“Pisau yang tidak pernah diasah akan menjadi tumpul”

Sudah hampir dua pekan ini saya disibukkan dengan penelitian. Tugas akhir. Tak ada buku yang saya baca selain jurnal, artikel, dan buku-buku ilmiah. Penat rasanya. Maklum harus banyak studi literatur. Sesekali refreshing saya hanya membaca berita-berita di dunia maya sembari mencari bahan materi penelitian.

Semua ada ujiannya, ada tahapan yang harus dilalui sebelum naik kelas. Ini fitrah. Entah bagaimana cara menghibur diri. Sesekali saya menonton televisi, bergulat dengan proposal dan bernegosiasi dengan orang lain untuk keperluan organisasi. Hanya itu. Dan selalu berputar-putar di situ.

Oh ya, hampir lupa. Kali ini saya memiliki murid. Adik-adik di pondok. Meskipun masih ada beberapa pekerjaan rumah di sana. Namun, rasanya senang dapat mengajar, berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan mereka. Tak jarang saya pun ‘curhat’ pada mereka.

Semua yang saya jalani akhir-akhir ini membuat pikiran saya sedikit tumpul. Tidak terasah. Sudah mulai jarang baca buku selain buku-buku ilmiah, menelaah dan menganalisa teori, definisi, teorema atau apalah namanya. Sulit mencari inspirasi. Ingin rasanya berteriak dan menghilang dari rutinitas harian yang cukup padat ini.

Alam. Ya, selalu ada inspirasi dari alam, kata seorang teman. Semoga saja begitu. Ingin rehat sejenak. Ada yang mau menghibur dan menemani? Mengasah pisau kembali di ruang terbuka. Membaca buku-buku fiksi yang membawa fantasi. Mengkhayal jauh di atas awan.

Rehat, itu yang harus kita lakukan saat merasa tumpul. Cari pengasah lagi. Asah ulang. Kembali berusaha menajamkan pikiran.

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Curhat and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

