Travelling to Singapore: Small Island but Great Country (Part 2 – Tiba)

Pengecekan barang selesai, saya akhirnya berangkat. Untuk ketiga kalinya ke bandara, namun baru pertama naik pesawat. Sepanjang perjalanan melihat pemandangan indah karena kami berangkat pagi. Hal pertama yang saya kagumi adalah keteraturan. Dari atas pesawat terlihat jelas betapa rapinya gedung-gedung dan taman di Singapura. Jadi seperti melihat mainan rumah-rumahan anak-anak. Bagus banget. Berandai-andai Indonesia seperti ini.

Perjalanan dari bandara Soekarno-Hatta ke Changi Airport hanya 1 jam 45 menit. Tidak terlalu lama. Namun perlu diingat, waktu Singapura 1 jam lebih cepat dari Jakarta (WIB+1 atau GMT+8). Untuk Anda yang belum pernah ke Singapura tidak perlu khawatir sebab di Changi Airport sudah tersedia banyak peta lengkap dengan tujuan wisata, jalur transportasi, hingga tempat-tempat ibadah yang bisa diperoleh secara gratis. Tinggal ambil peta dan pelajari kembali rute yang sudah dibuat disesuaikan dengan peta yang ada.

Ketika di Changi Airport untuk pertama kalinya saya diperiksa kembali. Passport saya siapkan, jangan lupa mengambil dan mengisi kartu imigrasi singapura karena akan ditanya ketika akan keluar dari negara itu. Siapkan juga KTP, sewaktu-waktu kita mungkin akan ditanya oleh petugas imigrasi di sana.

Hal yang sangat perlu diperhatikan, jangan pernah takut jika kita tidak salah. Jawab saja sejujurnya. Kawan saya, Randi, ketika memasuki imigrasi singapura mendapat masalah karena hanya memiliki nama satu kata. Akhirnya, ia dibawa ke atas oleh petugas imigrasi, ditanya-tanya banyak hal. Mulai dari kebenaran nama, lalu tujuan ke singapura, berapa uang yang dibawa, dan akan tinggal di mana selama di singapura, dan mungkin beberapa hal lain. Namun, pede saja jika kita tidak salah.

Setengah jam saya menunggu. Lama juga kawan saya ‘diinterogasi’ dan berhasil lolos. Santai saja jika tidak begitu fasih bahasa inggris karena rata-rata petugas imigrasi sudah biasa menggunakan bahasa melayu. Satu hal, singapura terkenal ketat untuk setiap pengunjung atau turis yang datang ke negaranya. Kita harus bisa menjawab ketika ditanya hal-hal seperti itu.

Akhirnya siap untuk memulai perjalanan di Singapura🙂

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Perjalanan and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Travelling to Singapore: Small Island but Great Country (Part 2 – Tiba)

  1. saran ada foto pasti lebih bagus😀
    cuman satu nama doanng bermasalah? aihh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s