Inisiatif Gerakan

Mahasiswa selalu mejadi sorotan dengan segala problematika gerakan yang ada. Setiap diri memiliki ciri khas yang berbeda. Mulai dari gerakan paling radikal dan keras hingga ke gerakan yang sangat soft. Banyak faktor yang membedakan masing-masing kelompok atau komunitas mahasiswa dalam membangun gerakan. Salah satu yang paling mendasar adalah pilihan pada gerakan vertikal dan horizontal.

Sebenarnya, kedua jenis gerakan yang saya sebutkan di atas bukan pilihan yang menentukan apakah itu gerakan yang keras atau yang lembut. Kedua gerakan itu harus ada dan seimbang pada jiwa muda pergerakan mahasiswa. Tidak boleh ada ketimpangan. Jangan sampai kita terus-menerus turun ke jalan, berdemonstrasi, bahkan tidak jarang sekelompok mahasiswa dengan gayanya berusaha memprovokasi polisi agar rusuh dan diliput media. Ada waktu agar bagaimana kita juga dapat berperan secara nyata dalam masyarakat dalam komunitas tani bagi mahasiswa pertanian, menjadi tenaga bantu pendidikan bagi para peminat keguruan, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, dewasa ini kita tidak melihat kedua hal ini tampak secara nyata di hadapan kita. Mungkin masih ada yang terlihat, namun nampaknya sudah kehilangan ruh. Ruh perjuangan. Secara umum, gerakan seolah hanya menjadi kesenangan belaka tanpa ada isu kebaikan yang dibawa. Atau membawa isu namun strategi kalah sebelum berperang. Harus ada pembaruan-pembaruan yang bersifat kontemporer. Kekinian dan kedisinian. Setiap zaman memiliki karakter dan peran yang berbeda dan harus diambil oleh orang-orang yang memiliki inisiatif gerakan. Bergerak atas dorongan pribadi bukan golongan. Tetapi membawa kebaikan bagi masyarakat banyak di dalam ataupun di luar kampus.

Kini, kita butuh inisiator gerakan mahasiswa…

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Curhat and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s