Passion & Keputusan untuk ‘Bakar Kapal’

Selain Steve Jobs, Bill Gates & Mark Zuckerberg, saya baru tahu ternyata Matt Mullenweg, pendiri WordPress, dulu juga di-DO dari kampusnya. Saya kira keluar/di-DO dari kampus, apalagi yang punya reputasi, bukan peristiwa sembarangan. Tapi hal itu justru beri mereka jalan wujudkan mimpinya.

Ada yang bisa jelaskan fenomena ini? Apa yg sebenarnya terjadi pada orang-orang fenomenal Steve Jobs, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Matt Mullenweg?

Dalam twitternya, Wahyu Awaludin mengatakan kepada Azhar Nurun Ala: “Saya bisa jelasin bro. Viewnya bukan dari DO nya bro. Tiga orang di atas udah TAHU APA YANG DIA MAU pas kuliah, itu poinnya.”

Wahyu Awaludin: “Mereka punya passion, tekad, partner, dll. Nah kalo lanjut kuliah justru itu jadi OPPORTUNITY COST yang gede buat mereka.”

Wahyu Awaludin: “Jadi mending fokus ke panggilan hidup mereka -tentu dengan segala resiko yang mereka ambil.”

Azhar lalu menganalisis fenomena ini.

Seperti kata saudara Wahyu Awaludin, pertama mungkin mereka sudah tahu apa yang mereka mau. Sudah temukan passion dan ambil resiko menjalaninya. Mereka percaya pada apa yg ‘difatwakan’ hati mereka. Dan sadar hidup berproses, pola pikir berkembang, jalan hidup sah untuk diubah kapan saja.

Kedua, ini mengingatkan saya pada peristiwa penaklukan Andalusia oleh Thariq bin Ziyad. Peristiwa ‘Bakar Kapal’. Saya selalu kagum dg keputusan ‘bakar kapal’ ini. Keputusan untuk memusnahkan semua zona nyaman hingga cuma ada satu pilihan: berjuang. Keputusan membuang pilihan-pilihan lain secara sengaja, untuk kemudian fokus pada apa yang ‘difatwakan’ hati. Ini keputusan yg berani.

Apakah itu juga yang dilakukan/dialami Bill Gates, Mark Zuckerberg dkk? ‘Bakar kapal’? Musnahkan zona-zona yg sekiranya nyaman? Entahlah.

Ketiga, barangkali ini jadi bukti bahwa hidup tak linear dan apa yang disebut lompatan kuantum itu benar adanya. Apa ya yang membuat lompatan kuantum bisa terjadi? Mungkin ketika ‘fatwa’ hati dan kegigihan bertemu dengan izin Allah. Lagi-lagi entahlah.

Sekian racau kacau saya pagi ini yg dipicu oleh ke-barutahu-an saya bahwa Matt Mullenweg pendiri WordPress ternyata dulu juga di-DO. Pagi!🙂

Referensi: Azhar Nurun Ala

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Curhat and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s