Semua

“Kita hendak mendirikan suatu negara semua buat semua. Bukan buat satu orang, bukan buat satu golongan, baik golongan bangsawan, maupun golongan yang kaya, tetapi semua buat semua.” (Soekarno)

Sungguh apa yang dilukiskan oleh Presiden pertama dari Republik ini cenderung kontras dengan kondisi kita saat ini. Betapa tidak, masing-masing golongan mengklaim negara ini adalah miliknya sendiri. Berbagai kelompok dengan seenaknya meniadakan keragaman bangsa dan menempatkan golongan mereka sebagai the super power.

Rindu akan kesatuan yang utuh dari bangsa ini. Perbedaan yang  ada haruslah membuat kita seindah pelangi bahkan lebih indah lagi. Karena warna kita bukan merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu  saja. Keragaman kita adalah paling besar di  dunia. Mulai dari keragaman agama, suku, seni dan budaya. Tak ada perbedaan yang memisahkan kita. Karena kita satu. Rakyat Indonesia.

Persatuan Indonesia. Jika kita bersatu, saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada, serta menjadikan sebagai sebuah potensi besar untuk membuat berbagai karya yang menorehkan prestasi, tak ada kata lain yang keluar dari lisan kita selain kata bangga. Maka bersatulah. Dan berikan karya terbaikmu untuk bangsa ini. Negara ini ada untuk semua.

Salam persatuan!

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Opini. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s