Berserah Diri

Hanya tersisa dua jam kurang menuju pertempuran pertamaku mengahadapi Ujian Akhir Semester (UAS) di Semester 6 ini. Banyak cerita aneh yang ku dengar, mulai dari mitos beratnya ujian hingga banyaknya mahasiswa yang mengulang mata kuliah semester ini. Ada satu keyakinan kuat bahwa aku pasti lulus berbagai mata kuliah “ganas” yang telah banyak memakan korban itu. Yakni, aku bisa dan telah berusaha sedikit lebih dari yang lain.

Berbagai tipe soal ujian hampir seluruhnya pernah ku kerjakan. Alhamdulillah belum ada yang tidak terpecahkan. Terutama untuk mata kuliah pertama yang harus aku hadapi. Terkadang masih saja ada kekhawatiran bagaimana kalau nanti tiba-tiba nge-blank, bagaimana kalau ini dan itu, bagaimana dan bagaimana. Mungkin terlalu berlebihan, tapi seperti apapun kondisi saat ini, pasti ada rasa takut. Hal terpenting adalah bagaimana agar kita berani menghadapi rasa takut itu.

Sungguh saat-saat yang menegangkan. Rasanya ingin segera menyelesaikan berbagai soal ujian itu agar dapat segera lepas dari beban yang ku pikul. Namun, semua ini harus ku lalui. Satu hal yang sangat penting yang tidak boleh dilupakan, berserah diri, tawakal pada-Nya. Hanya Dia-lah Sang Penentu. Kita hanya berusaha menjalankan segala proses dengan baik.

Ada satu pertanyaan yang mungkin muncul di benak pembaca,

“Katanya mau ujian, kok masih sempat menulis di blog,” bisik dalam hati.

“Karena saya merasa harus berserah diri atas segala usaha, kawan. InsyaAllah sekarang waktunya berdoa :)”

Ayo semangat para pejuang!
Fighting!

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Curhat and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s