Hal Sederhana

Ku kira banyak orang yang tahu bahwa segala hal bermula dari sesuatu yang sederhana. Sebuah pohon besar dapat tumbuh dari sebuah biji kecil. Rumah terdiri dari tumpukan batu bata dan pasir. Genangan air berasal dari tetesan air hujan. Komputer, semua perangkatnya adalah gabungan besi sederhana. Bahkan setiap kalimat indah yang terucap merupakan susunan kata dengan berbagai huruf yang mungkin tak bermakna pada awalnya.

Namun, sangat jarang orang memandang pada hal sederhana yang membentuknya. Padahal sesuatu yang besar tak akan ada jika tak ada sesuatu yang kecil. Sebuah hal rumit tak mungkin ada jika tak ada hal sederhana.

Mengapa tak banyak orang yang berpikir sederhana?
Mengapa kebanyakan orang hanya melihat hal yang rumit?

Sederhanalah dalam berpikir, dan melakukan hal besar harus dimulai dengan melakukan hal yang sederhana. Belajarlah mempermudah, bukan mempersulit. Sederhana tak begitu menyusahkamu kan?

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Obrolan Hati and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s