Bimbang

Hidup dan kehidupan senantiasa dihiasi oleh pilihan-pilihan. Ada yang sangat ringan dan mudah untuk memilih, namun tak jarang pula harus pusing tujuh keliling ditambah kegalauan hanya karena sebuah pilihan. Bimbang merasuki diri. Berbagai opini penguat ia cari. Hanya demi menetapkan sebuah pilihan. Pilihan yang akan menentukan keadaan dirinya.

Banyak dari kita yang hanya sadar dengan pilihan-pilihan ‘besar’ kita. Katanya, itu sangat menentukan hidup kita selanjutnya. Sungguh amat disayangkan, kalimat itu tak terbukti bahkan hingga detik ini. Semua hal besar berasal dari pilihan-pilihan kecil yang hadir dalam hidup kita dan membentuk sebuah imperium sejarah peradaban hidup kita yang baru.

Perlu disadari bahwa sesungguhnya kita semua adalah korban dari sejarah. Apa yang dilakukan oleh diri kita sendiri di masa lalu, dan apa yang dilakukan orang-orang terdahulu sebelum kita juga orang-orang di sekitar kita membentuk diri kita. Dan akhirnya jadilah aku yang seperti ini dan kamu yang seperti itu.

Ketika kita berusaha menengok sejenak ke belakang maka kita akan disuguhi berbagai episode kehidupan dengan berbagai pilihan dari sebuah perkara kecil sampai perkara besar yang menentukan. Dan kunci dari kesuksesan mereka adalah kekuatan yakin, sebuah kepercayaan atas apa yang mereka yakini.

So, tak perlu bimbang dan ragu. Lakukanlah hal sederhana. Berwudhu, lalu ambil sajadah dan shalat istikharah. Memohon yang terbaik. Semua yang berasal dari-Nya adalah hal terbaik. InsyaAllah…

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Obrolan Hati and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s