Generasi ‘Adalah wal Isnad

Selalu teringat dengan kata-kata Ustadz Ahmad Said di Kajian Fiqih dan Hadits semalam,

“Generasi ‘Adalah wal Isnad adalah generasi yang memiliki kredibilitas dan sandaran referensi yang jelas pada Rasulullah.”

Mendengar itu saja saya sudah ada keinginan besar untuk jadi bagian generasi yang baik itu. ‘Adalah yaitu bersifat adil dan kredibel, dapat dipercaya. Ada dua syarat agar seseorang dapat disebut ‘adil, pertama yaitu tidak fasiq. Pengertian fasiq di sini mencakup dua hal, yaitu orang yang terlepas dari dosa besar atau sudah bertaubat dari dosa besar dengan sebenar-benar taubat dan tidak melakukan dosa kecil secara terus-menerus.

Setelah tidak fasiq, hal ke dua yang harus dimiliki oleh generasi ‘adalah yaitu menjaga muru’ah. Muru’ah yaitu adab, tata krama, dan sopan santun dalam Islam. Contoh dari menjaga muru’ah yaitu tidak kencing sambil berdiri. Juga tidak makan dengan tangan kiri apalagi jika dilakukan dengan berdiri. Hal seperti itu jika dilakukan akan menjadi aib bagi seorang muslim.

Selanjutnya yaitu isnad. Isnad adalah bersandar dan memiliki referensi yang jelas dari guru ke guru bersambung hingga ke Rasulullah. Allahumma shalli ‘ala Muhammad. Generasi isnad memiliki sanad yang jelas. Tahu siapa yang harus dijadikan guru. Dan salahsatu syarat menjadi guru adalah memiliki sifat ‘adil.

Sahabat, generasi ‘adalah wal isnad ini semakin lama semakin sedikit dan perlu dilestarikan. Alangkah bahagianya seseorang yang dapat masuk kepada generasi ini. Semoga kita dapat digolongkan ke dalam generasi yang baik ini. Aamiin.

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Nasihat and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s