Hanya Maaf yang Bisa Ku Sampaikan

Tak ada kata yang lebih indah dan baik dari kata maaf. Namun, sebagian orang kadang tak menghargainya. Sebuah kata yang dapat menyatukan dua kelompok yang bertikai. Sebuah kata sederhana yang dimiliki para ahlul haq. Sadar atau tidak, kita senantiasa berbuat kesalahan. Dan kata maaf menjadi pintu kebaikan bagi kita untuk saling berlapang dada.

Satu kata yang ringan diucapkan namun memberikan dampak yang luar biasa bagi mereka yang mengucapkannya secara jujur dari hatinya. Kata sederhana nan mulia.

Sahabat, berapa kali kita berbuat salah? Sementara coba hitung berapa kali kita meminta maaf?

Meminta maaf tidaklah sulit. Banyak orang tidak mau minta maaf hanya karena sekedar gengsi dan sombong. Merasa diri paling tinggi bahkan menghina dan merendahkan orang lain. Jika keburukan itu memang ada pada orang itu maka dia telah melakukan ghibah, memakan daging saudaranya sendiri. Namun jika tidak ada pada diri orang itu, dia telah menyebarkan fitnah yang lebih kejam dari sekedar membunuh manusia yang bernyawa.

Mari merenung sejenak sahabat. Sudahkah kita meminta maaf pada orang di sekeliling kita? Atau bahkan orang terdekat dari kita? Orangtua, saudara, dan sahabat, sudahkah kita meminta maaf pada mereka?

Sahabat, untuk yang pertama, meminta maaflah pada diri sendiri karena tidak bisa menghadirkan prestasi dan kebanggaan untuk diri sendiri. Meminta maaflah dan mohon ampunan pada Rabbul ‘Alamin atas karya yang tak kunjung hadir. Minta maaflah. Dan jadilah secercah cahaya di dalam gua yang gelap gulita. Mohon maaf karena hanya kata maaf yang bisa ku sampaikan.

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Curhat and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s