Menambah Waktu Bermain

Mendengar kata Ujian Nasional (UN), teringat masa lalu. Betapa depresinya mendengar kata itu. Seringkali terbayang apa jadinya kalau tidak lulus. Namun optimislah, siapapun pasti mampu melaluinya. Tentu hasilnya akan sebanding dengan usaha yang dilakukan.

Mengenang masa lalu, ada trik yang saya dapatkan untuk dapat sukses menjalani UN. Hal itu adalah menambah waktu bermain. Bukan sekedar bermain yoyo seperti yang sedang marak sekarang ataupun permainan lainnya. Apa yang dimaksudkan menambah waktu bermain di sini ialah menambah waktu bermain dengan mata pelajaran. Seringkali kita butuh tambahan waktu ekstra untuk bisa menyelesaikan latihan soal.

Menghadapi soal-soal hitungan seperti matematika, fisika, dan kimia harus selalu dilatih. Kita bisa melatihnya dengan mengerjakan berbagai tipe soal ujian di buku prediksi UN, media online, ataupun dari soal-soal latihan buku mata pelajaran yang sering  didapatkan. Menambah waktu bermain dengan rumus-rumus pelajaran hitungan ini bermanfaat untuk membiasakan diri kita berjumpa dengan soal-soal yang setipe dengannya.

Tak hanya soal hitungan, soal-soal dengan materi hafalan pun tak boleh disepelekan. Kita pun harus menambah waktu bermain kita dengan materi-materi terutama yang tidak kita kuasai. Sangat dianjurkan kita bermain dengan membuat rangkuman atau mind mapping.

Kadangkala, kita merasa stress menghadapi UN karena tidak tahu harus berbuat apa, dan khawatir menghadapi soal yang berbeda dari biasanya. Dengan menambah waktu bermain kita dengan mata pelajaran yang akan dihadapi di UN, maka kita sudah bisa dan biasa menghadapi UN. So, jangan takut dan just keep calm.

Tulisan asli sebelum diedit dan dimuat di okezone.com

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Curhat and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s