Menyikapi Peristiwa

Banyak orang yang seringkali salah dalam menyikapi suatu peristiwa yang hadir di hadapannya. Hal ini disebabkan kesalahan dalam memahami dan tidak adanya sikap adil serta bijak pada diri seseorang. Ketika kita melihat keburukan hadir menemui kita, terkadang kita terlalu terburu-buru untuk menghakiminya. Tanpa tau lebih dalam apa yang terjadi.

Saat suatu peristiwa muncul, sesungguhnya Allah telah siapkan pelajaran yang bisa kita ambil, hikmah yang dapat kita petik. Akan tetapi, sikap tidak peduli kadang merasuki hati. Ketika ada peristiwa yang tidak kita senangi dilakukan oleh rekan kita, terkadang muncul rasa itu. Atau yang lebih parah, kita mengabaikannya.

“Katakanlah perkataan yang benar walaupun itu pahit.” Kalimat itu seolah menjadi pembenaran ketika kita menyampaikan kebenaran yang menyinggung bahkan menyakiti orang lain. Sedikit saya sampaikan, makna kalimat di atas sebenarnya lebih menyinggung seorang penyampai kebenaran. Di mana seorang penyampai kebenaran harus siap berpahit-pahit dalam menyampaikan kebenaran yang ia bawa agar dapat diterima objekya. Ia harus berusaha dan berpahit-pahit mencari metode terbaik.

Dalam menyikapi berbagai peristiwa yang terjadi, kita harus memiliki sudut pandang pelaku peristiwa sehingga kita bisa menanggapinya secara bijak. Termasuk sikap seorang penyampai kebenaran yang harus seadil mungkin melakukan tindakan ketika melihat peristiwa yang muncul di hadapannya.

Kembali teringat dengan kata-kata bang Akmal Sjafril, bahasa yang paling menyatukan masyarakat adalah bahasa kerja. Bekerjalah secara adil. Bersikaplah secara bijak. Dan seperti dalam tulisan saya sebelumnya, lemah lembutlah pada sesama.

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Obrolan Hati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s