Sebuah Kelembutan

Teringat kata-kata Raja Ali Haji dalam gurindamnya yang ke tujuh, “apabila perkataan yang lemah lembut, lekaslah segala orang mengikut”. Nah, itu dia kuncinya. Orang yang berkata dengan hatinya, ia akan lemah lembut. Tidak kasar, apalagi sampai membuat orang lain gusar.

Salah satu ciri orang yang didengarkan dan diikuti oleh orang lain adalah karena kata-katanya lemah lembut. Mengingatkan secara halus tapi tegas. Memberikan informasi dan pemahaman yang komprehensif. Karena kelembutan adalah tanda kita cinta dan sayang pada orang lain. Karena kita mencintai orang tua kita, saudara-saudara kita, sahabat dan teman kita. Sebab itu berkatalah dengan lemah lembut.

Lemah lembut bukanlah perkataan seorang pengecut. Bukan pula sesuatu yang sering dilakukan seorang pemalas untuk mencari alasan. Tetapi ia adalah mantel seorang orator dan sastrawan ulung. Ia memberikan efek kekuatan luar biasa pada pendengarnya. Lemah lembut bukan berarti berbicara pelan. Ia berbicara keras tetapi bukan tanpa batas. Ia juga berbicara penuh perhatian pada sebuah fokus. Kebaikan.

Kelembutan akan lebih indah jika dihiasi kesabaran, ketegaran, dan komitmen perjuangan dalam kebaikan. Sebagaimana Abu Bakar Ash Shiddiq, beliau adalah salah satu sosok teladan dalam kelembutan yang paling sempurna dari seorang manusia biasa yang penuh dengan kelemahan. Karena lemah lembut bukan berarti takut. Ia adalah implementasi keberanian dalam menyampaikan kebenaran.

Bersikap lemah lembutlah pada setiap orang. Dan akan kau dapati kebaikan pada mereka dan pada dirimu sendiri. Percayalah..

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Obrolan Hati and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s