Dari Hati ke Hati

Judul di atas rasanya sudah tidak asing lagi. Setiap orang pasti ingin kata-katanya didengar, diperhatikan, dihargai, dan bahkan dijadikan teladan bagi orang lain. Kita akui itu. Namun pada kenyataannya banyak orang yang sudah melafalkan ribuan kata tapi tak membawa pengaruh apapun. Jangankan pada orang lain, pada dirinya sendiri pun tak ada pengaruh.

Sebuah cara yang paling bisa membuat orang lain tergerak hatinya, juga perhatiaannya terfokus pada kita adalah karena apa yang kita bicarakan. Namun pembicaraan super kita pun tak akan berpengaruh jika lisan kita bengkok. Tak selaras dengan amal kita. Sekecil apapun perkara yang kita bicarakan, katakanlah dengan hati. Hati akan menyelaraskan lisan dan amal. Tujukan pula pada hati pendengar kita, agar terasa lebih menyentuh.

Berbicara dengan hati bukan berarti bicara dengan perasaan. Akan tetapi dengan penuh perhatian, ikhlas, dan dengan maksud baik kita menyampaikannya. Kita ingin setiap orang yang mendengar perkataan kita tergerak untuk berbuat baik, berkontribusi lebih untuk menggapai ridha tertinggi, mengaplikasikan keindahan katanya, mengimplementasikan suara hati dalam amal nyata.

Kata bersumber dari hati. Ia membawa dampak luar biasa pada kehidupan. Kebaikan dan atau keburukan dapat merebak akibat sebuah kata. Hiasi hati kita dengan nilai-nilai kebaikan, agar kata yang terucap seindah pelangi. Jika kata sudah dihiasi dengan keindahan suara kebaikan hati, niscaya semua orang akan menghargai setiap kata yang keluar dari lisan setiap orang. Kata-kata indah penuh makna.

Katakan apa yang seharusnya dikatakan. Dari hati ke hati. Begitu kata hatiku.

About Ikhwan Al Amin

"I am a mathematician, but very interested to writing on media especially about politics and world of education characters. Loved sastra. Studied in Bogor Agricultural University, Indonesia."
This entry was posted in Obrolan Hati and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s